Berat Badan

Acara kontrol Sabtu lalu bikin saya sedikit lebih tenang walopun malemnya saya jatuh lagi dari kursi. Ceritanya, saya lagi makan, trus balik badan, dan kaki kursi plastik ikut keplintir dan bikin saya jatuh kejengkang. Saya udah was2 lagi sama si kakak yang dalem perut. Besoknya, agak takut2 gitu ngomong ke dokter soalnya udah pernah jatuh juga di kamar mandi dan dimarahin. Waktu itu, kata dokter. Hati2 dong, semua harus dilakukan serba pelan. Kalo perut udah gede gitu dan posisi bayinya sampe geser lagi, susah baliknya nanti.

Tapi kali ini saat saya ngelapor abis jatuh lagi, dokternya tenang2 aja. Katanya, bayi dalam kandungan kondisinya udah tercipta sedemikian rupa, terlindungi, sehingga posisinya aman. Kecuali kalo perutnya yang kena. Lalu proses pemeriksaan berlangsung. Alhamdulillah, masuk pekan ke 36, dan semuanya baik2 saja. Posisi bayi sama kayak sebelumnya, udah ngadep ke bawah. Tali pusar tidak melilit. Tali plasenta tidak menghalangi jalan keluar.

Saya lebih tenang lagi ketika dokternya ngomong, udah deket lahiran ini. Udah siap2 kan? Senam, banyakin jalan kaki. Trus, kenali tanda2nya kalo udah mau lahiran. Kalo intesitas kontraksi makin tinggi, atau ada cairan yang keluar terus menerus, atau ada darah keluar, segera ke rumah sakit ya. Tapi ga usah panic trus sampe lari2 ke sini. Santai saja, karena proses melahirkan tuh lama. Sekitar 12-16 jam dari gejala awal mulai terasa.

Mendengar gitu, entah kenapa, rasanya tenang sekali. Padahal sebelumnya, sampe pengen nangis panic kalo ada yang bilang, wah, anak cewek biasanya lebih cepet lho lahirnya dari perkiraan dokter. Bisa cepet dua minggu. Sempet percaya setelah saya melihat tetangga saya kayak gitu. Tapi ngeliat dokternya tenang2 sambil senyum2 dan bilang jangan panic, ya udah, saya udah punya kepercayaan diri lagi.

Nah, yang bikin dokternya agak2 cerewet pada pemeriksaan kali ini adalah, katanya berat badan saya kok ga naik. Mau makan dari mana bayinya kalo ibunya kurang makan? Hmmm, menurut perasaan saya padahal, beh, naik tinggi nih, karena makannya terus2an, ga bisa dibendung. Bentar2 laper. Untungnya kata dokter, berat bayinya normal 2,7 kilogram sekarang. Suami pun akhirnya nyuruh2 makan ini itu. Apalagi sabtu lalu saya periksa darah paket prenatal, ada beberapa poin kekurangan seperti pada hemoglobin.

Tapi, saya sungguh penasaran, masa sih berat saya turun? Tadi pas nimbang kok ga merhatiin juga? Sampe rumah, saya nimbang badan lagi. Hmmm…beda 2 kilo dari omongan dokter tadi. Atau timbangan di rumah rusak kali ya? Trus saya cek buku lagi. Oalaaaahhhh, ternyata si dokter ngeliat data pemeriksaan dua pekan lalu. Pantesan. Padahal yaaa, berat saya naik hamper 4 kilogram dalam dua minggu. Skarang saya yang panic, gimana ngendaliin ini? :((

One thought on “Berat Badan

Tinggalkan Balasan

