masak2an

Saya udah mulai lupa pernah merencanakan akan menulis apalagi. Saking banyaknya yang pengen saya ceritain, tapi seperti biasa saya sok sibuk sampe ga sempet2 posting. Oh iya, gimana kalo saya nulis soal kebiasaan baru setelah nikah? :p halah, ga abis2 ya ceritanya? Maklum deeeeh, semuanya kan terlihat serba baru buat saya. Biar saya ga jadi seru sendiri, ya saya nulis aja.

Saya pengen cerita soal makanan dan masak memasak. Sebelum nikah, pada dasarnya saya emang suka masak, tapi khusus makanan yang saya suka aja. Tergantung mood, bisa juga karena laper mata, bisa juga hasil ngayal, sehingga kadang resepnya pun suka2 saya aja, hasil ngira2. Biasanya saya pelit berbagi makanan hasil masakan sendiri. Bukan apa2, saya malu kalo sampe hasilnya ga enak, dan saya ga siap dicela atau dikomentarin masakannya kurang ini itu. Cerita gagalnya ada beberapa, misalnya bikin dodol gula asam yg tau2 angus dan ga enak lagi. Atau bikin makaroni schotel yang kedua yg rasanya udah ga begitu enak karena udah lupa modifikasi resepnya. Salahnya, saya ga pernah nyatet resep. Kalo mau masak, buka internet (lalu resepnya dimodifikasi tergantung bahan dan selera), ga nyimpen link, dan ga pernah tertarik mencontoh buku resep. Pokoknya mau2nya.

Setelah menikah, mau ga mau saya harus memikirkan selera suami juga. Apalagi kami beda budaya, yang otomatis beda selera dan kebiasaan makannya. Kadang pengen masak makanan khas Sulawesi tapi takut mas ga begitu suka. Males juga kan kalo harus ngabisin sendiri makanan yang buat berdua? Tapi alhamdulillah banget, mas ga neko2 makannya. Ga milih2, pokoknya apa yang ada, ya dinikmati. Ada satu kesamaan selera kami, suka makan sayur. Dia kecenderungannya suka yang berkuah. Walopun katanya sup itu sayur bagi pemalas, dan menurutku agak ngebosenin, tapi mas suka, dan bagi saya, masak sup jauh lebih gampang dibanding yang lain. So, sup lagi sup lagi :p Apalagi di awal kami pindah ke rumah baru. Blom punya kompor, wajan, dan panci. Hanya ada dua ricecooker mungil. Jadilah makannya nasi+sup, setiap hari. Kalo pengen makan telor ceplok, telornya diceplokin ke dalam kuah sup. Jadi lebih sehat karena tanpa minyak. Alasannya lebih sehat, padahal… :p Bahan supnya, ya apalagi kalo bukan wortel, kentang, kacang merah, dkk.

Setelah punya kompor dan panci, jadi bisa lebih berkreasi. Paling sering sih tetep sup, tahu-tempe goreng, dan omelet sayuran. Suatu hari, saya kuatir mas akan bosen dengan omelet sayuran. Akhirnya saya sulap deh tuh bahan omelet menjadi isian tahu trus dikukus. Dimsum2an gitu ceritanya. Eh, ga taunya nyaris ga tersentuh tuh barang😦 sedih deh. Lama2 mas jujur, katanya hambar😦 Beuh, sedihnyaaaa… Kan katanya kita mau ngurangi makan gula dan garam, tapi jadinya malah dibilang hambar. Padahal itu juga udah dibanyakin tepung bumbunya.
Tapi ya udahlah, namanya juga sambil belajar🙂

2 thoughts on “masak2an

  1. ipied mengatakan:

    hahaha sama mbak, sup juga jadi andalan kalo masak di rumah, apalagi kalo bahan sup di kulkas belum habis, bisa sekitar 3 hari masak sup terus😆

    selain sup juga sayur asem, dan tempe tahu goreng. yang masak bosen yang makan juga kadang2 bosen. kalo buat variasi masakan rumahan saya masih suka mati gaya. (soalnya masih tergantung bahan). jadi sekarang mulai variasi bikin kue buat cemilan. seminggu sekali deh uji resep kue😀 hehehe

  2. senandung mengatakan:

    pengen sih pid, praktek bikin cemilan/kue gitu, tapi blom ada alat2nya :)) saya ga begitu suka puding sih, padahal kue ini yg ga butuh bahan dan alat banyak2 ya ;d

Tinggalkan Balasan

