raiskuker2000

Saya ga tau persis apa yang berkecamuk *halah* dalam hati saya saat ini. Sedih, geli, atau lega, entahlah. Beberapa menit lalu, sepulang makan siang plus sarapan di warteg, saya mampir ke tukang loak. Nanyain sapa tau mereka mau beli rice cooker bekas. Katanya boleh, bawa aja ke sini. Saya segera balik ke kost ngambil ricecooker.

Rice cooker ini dibeliin kk saya sekitar lima tahun lalu. Lima tahuuuunnn? Hahaha, saya juga takjub sendiri, baru sadar raiskuker mini itu udah saya pake lima tahun. Waktu itu saya tinggal di Samarinda, Kaltim. Saya dibeliin kk saya yang masih kuliah di Jakarta. Di sana waktu itu belum ada riskuker mini kayak gini. Menjelang puasa ketika itu, jadi niatnya dipake biar ga susah nyari nasi pas sahur. Ongkos kirimnya lebih mahal daripada harga raiskukernya. Hiksss, rasanya bener2 tinggal di ujung dunia.

Dipake sekian lama dari kost yang satu ke kost yang lain, wajar ajalah kalo udah rusak. Tapi sebenernya ga setiap saat saya pake. Hanya jika mood masak aja. Pas puasa pun lebih banyak beli jadi. Hanya waktu tinggal bersama temen2 di rumah kontrakan di Balikpapan, raiskuker itu dipake sehari2. Pindah ke Jakarta, raiskukernya masih dibawa2 dan hanya dipake ngerebus kentang karena masak nasi merah waktu itu jadi cepet basi.

Nasib kawan saya selama lima tahun itu baru saja berakhir di tukang loak. Kardusnya masih saya simpen, maklum pemulung. Saya membawanya dalam kantung plastik tadi. Setiba di tukang loak, saya disuruh naro riskuker di timbangan.
Dalam hati, oh, ditimbang?
Mulai muncul rasa ga tega.
Buru2 saya jelasin ke tukang loak, “Ini sebenernya ga rusak2 amat, cuma ada kabelnya yang putus. Saya lagi males aja bongkar2”. Padahal sih karena ga punya obeng. Raiskuker ini udah pernah saya bongkar dulu, penasaran, ternyata dalemnya sederhana banget. Casingnya doang bagus, dalemnya nyaris kosong, cuma ada beberapa kabel kecil penghantar panas.

Ga teganya itu, saya juga ga ngerti. Karena ikatan lima tahun itu kali ya? Tapi ibu2 tukang loak itu tak bergeming, seperti ga denger penjelasan saya. Ia hanya memeriksa beratnya, membuka tutup riskukernya.
“Lengkap kok bu,” kata saya, masih berharap si riskuker ga ditimbang doang tapi diambil, dibenerin, dan dipake lagi. *lho, kenapa elu loakin kalo gitu?*

Si ibu berlalu ke dalam ruang-yang-dipenuhi-entah-apa. Di pintu dia berbalik.
“Tapi murah lho, dek, ini riskukernya”.
“Brapa bu?”
“Cuman dua rebu”.
“Dua rebu? Ya ampun, murah banget”.
Saya melongo. Seketika ada rasa nelangsa. *halah* Saya ambil plastik pembungkus tadi *yang rasanya hanya tindakan refleks akibat shock* dan balik kanan.
“Ya udahlah bu, saya tinggal aja di sini daripada jadi sampah di rumah”.
Saya ngeloyor, ga nengok2 lagi, ga tertarik sama sekali dengan duit yang juga belum diserahin itu. Omairaiskuker, dua rebu??? Harga diri si raiskuker rasanya baru saja saya lecehkan.

7 thoughts on “raiskuker2000

  1. uni isech mengatakan:

    prihatin dengan si raiskuker (worship)

    …..tapi ditinggal begitu aja apa si raiskuker ga bakalan tambah sedih?? *lebay mode:on

  2. ipied mengatakan:

    lebay dehhhh wakakaka :)) :))

    yah gitu deh daripada dijual emang mending dikasihkan aja, lha wong kita sudah gak butuh tho?

  3. kucingusil mengatakan:

    lha yang bikin reskuker itu lebih mahal dari dua ribu kan memori lima taun bersama hahaha. kadang saya juga gitu, barang rusak disimpan-simpan, sayang kalau dibuang atau diloak😀

  4. nagacentil mengatakan:

    dengan senang hati gw bilang: masi bagusan harga kompor gas bekas gw yang 1 tungku, dual mode (bisa pake gas kalengan ato tabung) dan pernah kebakar ditawar 7ribu sama tukang besi bekas. Tapi ga gw lepas, mending gw sumbangin ke pemulung aja hahaha…

  5. clingakclinguk mengatakan:

    hapah? dihargai 2000? tega banget sih? *kepikiran dengan nasib raiskukerku 5 taon kedepan*

    smoga harga raiskuker loakan 5 taon nanti naik jadi 10 kali lipat dari yang skarang ya, bakal untung deh, belinya aja ndak sampe sgitu, hihihihi….

    bayangkan coba, mungkin saja raiskuker itu memang benda yang sederhana, tapi nilai historinya itu, masak ndak dihargai sih? teganya.

    eh aku punya setrikaan yang kubeli sejak tinggal di jakarta, sampe skarang pun msh tetap kupakai sminggu sekali, sdh lebih tua umurnya drpd raiskukernya mbak yati😀

  6. lina ling mengatakan:

    oh my god, dua ribu. bener sih…mending langsung balik kanan ajah…itung-itung ngasi rejeki halal buat tukang loak itu

  7. devieriana mengatakan:

    wahahahaah, DUAREBUUUUU? sini-sini tak gantiin *congkak*😆

    Takjub nih.. naik bis juga nggak dapet kali tuh say😀

Tinggalkan Balasan

