Bertahan

Beberapa hari lalu saat membaca berita tentang pelepasan KKN mahasiswa Universitas Indonesia ke pulau Miangas di ujung utara Indonesia, saya tersenyum senang sekaligus iri.

Rasanya ingin menjadi mahasiswa lagi dan menjadi bagian dari mereka yang dikirim ke pulau terluar itu. Saya senang UI masih memikirkan orang-orang yang nyaris tak terjangkau ‘peradaban Indonesia’ itu. Saya senang bahwa masih ada mahasiswa yang memilih lokasi KKN yang begitu jauh dan tidak mengambil program lain di dalam kota, magang di perusahaan-perusahaan bonafid, digaji pula.

Pagi ini saya teringat beberapa tahun lalu ketika akan meninggalkan Makassar menuju Kalimantan. Beberapa kawan mempertanyakan keseriusan saya. Banyak kalimat yang meragukan keputusan saya. Apakah sebagai perempuan saya akan sanggup bertahan di sana sendirian? Atau pertanyaan lain: apakah saya nggak akan stress hidup di daerah seperti Kalimantan setelah terbiasa dengan aktivitas di kota yang begitu dinamis?

Zighh…bawa-bawa soal keperempuanan pula! Padahal dua atau tiga kawan dekat saya yang lain telah membuka jalan itu. Bahkan mereka berada di daerah yang lebih terkebelakang lagi, tak berbekal surat lamaran, tapi memulai segalanya dari titik nol. Ya, mereka perempuan-perempuan yang terlihat lemah tapi ternyata begitu perkasa. You, rock girls!

Untuk pertanyaan kedua, ketika itu, salah satu dari mereka saya jawab: kalo semua orang memilih ke kota, lalu siapa yang akan ke kampung? Wew, saya terharu sendiri ketika itu mendengar ucapan saya.

Kini, 6,5 tahub kemudian, rupanya saya juga udah ikut arus urban, ramai-ramai ke kota.
Hei, apa yang kau cari nona? Lalu siapa yang ke kampung jika nona kini ke kota?

*salut untuk kawan yang terus bertahan di titik utara Kaltim sana*

Iklan

One thought on “Bertahan

  1. sapiterbang berkata:

    ya udaaah…balik aja sanaaaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s