gita

sebelum nemenin ponakan jalan2, makan2 dan belanja2 (dohhh!!!) kemarin, saya mengunjungi Gita. ia bagian terbesar kemenangan saya waktu itu. saya berharap bisa bertemu dia. tapi ternyata begitu sampai di rumahnya, ia tak ada. kata kakaknya, kini Gita lebih banyak berada di rumah kakaknya yang lain, bukan di rumah orangtuanya, tempat yang saya datangi.

tak banyak yang berubah di rumah ini sejak kunjungan saya empat atau lima bulan lalu. ruang tamu merangkap ruang keluarga, dan entah ruang apalagi tetap seperti itu. tak ada satupun perabot di dalamnya. yang berubah hanya cat rumahnya yang kini berwarna kuning dan mampu menutupi bekas lapuk pada dinding papan itu. anak tangga pertama juga dilapisi semen, mungkin untuk menguatkan pijakan kayu yang juga telah lapuk.

yang tak berubah adalah Gita. kata kakaknya, ia tetap tak sekolah. ia malu kembali ke sekolah yang sama karena tetap saja ia belum mampu membayar uang sekolahnya. kalo pun mampu bayar, ia malu kembali ke sekolah itu. ia ingin sekolah di SMK agar bisa langsung bekerja setelahnya. apa daya, ia tak punya biaya.

saya sedih, sangat sedih. saya pikir saya telah berbuat sesuatu. ternyata belum. saya udah dua kali bertemu gurunya setelah waktu itu. tapi tak banyak membantu. Gita malu kembali ke sekolah. ia malu dengan kemiskinannya hingga tak mampu sekolah lagi. nun jauh di pusat sana, para pencuri uang rakyat itu, tak pernah mengenal malu. bahkan dengan bangga mereka melambai2kan tangan di depan kamera saat menjalani pemeriksaan KPK.

7 thoughts on “gita

  1. justpretty berkata:

    mungkin ada jalan untuk membantu … ?

  2. merahitam berkata:

    Selalu…selalu…selalu.
    Aku gak mau komen apa-apa, Co. Fenomena kayak gini, ada dimana aja, setiap saat kita temui, dan tetap kita belum bisa melakukan apa-apa. 😦

  3. Esha berkata:

    Kapan ada sekolah gratis ya………

  4. Fitri Mohan berkata:

    OOT: Co, minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir batin ya.

  5. stey berkata:

    sekolah gratis?halaah..mimpi…

  6. sapi berkata:

    kamu dapet leptop..gita dapet apa

Tinggalkan Balasan

