batik

Skarang kalo jalan kemana-mana gw suka pusing sendiri. Bukan apa2, mata gw muter2 ga jelas, pusing ngeliat motif batik dimana-mana. Keknya semua orang pake batik. Ya, semua orang, apapun profesinya. Dengan model yang hampir sama semuanya. Lengannya menggelembung! Ga ada model lain apa ya, buat batik?

Kalo dulu, gw sering liat orang pake batik pas kondangan aja, sekarang ada dimana-mana. Dulu orang pake batik pas lebaran, sekarang tiap hari. Dulu yang pake batik cuma agen tiket di bandara Juanda, Surabaya (paling banyak tuh) sekarang, di semua perkantoran ada, sampe presiden juga. Dulu yang pake batik cuma mbok-mbok jamu, sekarang ibu menteri tiap hari pake batik.

Ini yang parah, dulu yang pake batik di kampung gw cuma mayat, sekarang, meja, kursi, jendela, tempat tidur, bantal, semua ditutup batik. Gw inget, mama ma nenek gw suka beli batik yang masih utuh bentuk kain panjang gitu. Katanya buat persiapan kalo ada yang meninggal, sebelum dikafani, ya dipakein batik. Kenapa batik? karena cuma kain itu yang muat buat badan yang telah membujur kaku dari ujung kepala sampe ujung kaki.

Dulu, selain sarung sutra motif khas bugis tenunan sendiri, biasanya yang dipake kondangan sebagai pasangan kebaya, ya batik. Lha ternyata sekarang fungsinya berubah. Satu-satu batik2 yang terlipat rapi di tumpukan pakean paling bawah lemari mama, kini menjadi seprei, sarung bantal, tirai, dll. Kalo liat batik di rumah sih, ga seberapa pusing. Masih cocok lah. Tapi saat jalan-jalan ke kota, dimana setiap orang berseliweran dengan batik, haduh, pusing.

Beneran pusing, sampe gw harus brenti sejenak untuk mijet2 kening. Eh, tau2 gw kesenggol seorang mbak2 langsiiiing, pake rok item. Kagetnya lagi, atasan yang dia pake…persiiiis banget ma sarung batik merah gw dulu waktu kecil. Ya ampun….jadi geli sendiri. Pengen ngejar mbak2 itu; mbaaakk, balikin sarung gw….! Anget soalnya :p Kok jadi baju sih?

12 thoughts on “batik

  1. merahitam mengatakan:

    Batik gue model tanktop dan terusan tanpa lengan yang bagian belakangnya bolong dari atas sampai bawah. Nah loh, bingung kan bayanginnya. :p

  2. Koko mengatakan:

    batik memang keren..

  3. sapi mengatakan:

    @merahitam

    selimut itu…selimuut
    atau jarit ya ?

  4. merahitam mengatakan:

    @ Sapi

    Itu kain jarik-nya mbah putri. ta’ colong trus dijadiin baju. :p

    Sapi, kita mengunjungi Tito yuk.

  5. antobilang mengatakan:

    CA lagi mo nyiapin lingerie batik!

  6. puput mengatakan:

    yo’a nih. batik kehilangan kesakralannya. tuh kan, mbak yang bukan orang jawa jd bingung. hehe

  7. didut mengatakan:

    IDUP BATIKKKKKK!!! 😀

  8. mayssari mengatakan:

    baguslah batik jadi mendunia macem gitu… nguri-uri budoyo katanya…

  9. crushdew mengatakan:

    tapi jika batik jadi mode bakal ada masanya dia menjadi membosankan

  10. Silly mengatakan:

    bingung,

    antara tetap cinta produk indonesia… sama ribetnya karena corak serame itu dipakai diseluruh oenjuru negeri, mulai dari baju ampe piranti mejah makan…

  11. gandhi mengatakan:

    batik saya gak rame tuh

    cuma dasaran hitam dengan corak batik dikit di lengan kiri dan kanan kemudian ada gambar durna besar di belakang

    kenapa durna?

    cari tau sendiri aja jawaban nya :p

  12. novi mengatakan:

    Batik emang punya banyak fungsi selain baju bisa buat taplak meja,gordyn dan kalo favorit saya mah buat gendong bayi hahahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s