hari bumi

Masih soal plastik-plastik seperti yang gw posting kemarin. Jadi, ceritanya, ada sebuah organisasi peduli lingkungan bikin kegiatan memperingati hari bumi di sini. Mereka akan membagi2kan tas daur ulang dengan pesan ‘pakai tas ini saat berbelanja’. Maksudnya, agar konsumen tidak lagi menjejali bumi dengan plastik-plastik dari toko yang ga akan hancur dimakan tanah itu. Kegiatan organisasi ini disponsori beberapa perusahaan tambang migas [yang notabene juga salah satu penyumbang terbesar karbon pemanas bumi, hiks]

Dengan pengalaman gw kemaren, tentu saja gw setuju banget dengan kegiatan ini [padahal sih ga pengaruh apa2 ke mereka gw setuju atau ga :p] Tapi gw sungguh prihatin karena katanya panitia kegiatan itu cukup kesulitan masuk mall dan supermarket untuk membagi2kan tas daur ulangnya. Mereka terkendala izin pemilik mall. Yaelaaahhh… bikin kesel [lagi]! Mall2 yang suka ngasih banyak plastik itu seharusnya yang lebih banyak diajak ngobrol soal bagaimana menjaga bumi. Tapi siapa yang mereka dengerin? Ga mungkin gw, liat aja kemaren perlakuan mereka. Padahal kalo mau melayani konsumen, lha gw juga konsumen tapi kok ga diladeni ketika gw menolak plastiknya?

Lalu gimana caranya biar mereka mau mendengar? Kalo gw bilang sih, komporin itu walikotanya. Kemaren dia udah kampanye ‘bersepeda ke kantor’, sekarang ajak lagi ‘ber-tas daur ulang’. Ini memang “hanya” tindakan kecil, tapi menurut gw, ini ajakan yang lebih nyata. Kalo bersepeda…hmm, harus pake duit banyak buat punya sepeda. Jalan kaki bahkan lebih murah :p. Ayolah, kayak gw dong, ke kantor jalan kaki. Hihihi…oke, ngaku deh, gw punya motor sejak 4 tahun lalu tapi gw ga bisa dan ga pernah berani make dan akhirnya cuma parkir di rumah sepupu gw. Tapi kan, dengan ketidakmampuan gw pake motor itu, gw ga ikut2 nyumbang karbon dan polusi? Yaks…. postingan maksaaaa!
Selamat hari bumi!

Iklan

4 thoughts on “hari bumi

  1. gandhi berkata:

    kemaren saya ke supermarket pake rompi yg banyak kantongnya mbak. Pas barang mau dibungkus pake plastik saya bilang gak usah, trus saya masukkin satu2 ke kantong rompi saya. Diliatin orang banyak deh. Tapi dalam hati gw cuma bilang “Masa bodoh”

  2. Juminten berkata:

    sama dunkz mbak! aku jg jalan kaki ke kampus. hihihi… 😛 *secara gitu yah kost ama kampus deket bgt* 😀

    uhmmm… kenapa yah niat baik itu hampir selalu ga berjalan dgn mulus? 😦
    pasti ada aja kendalanya.
    kalo urusan kayak gini, kayaknya emang butuh pengaruh dr org2 “atas”.
    biar “yg di bawah” pd nurut. 😛

    oya, denger2 pas acara greenzone di senayan kemarin ada kantong plastik buat belanja yg bahannya masih mudah diuraikan.
    aku lihat di metroTV seh… masih penasaran jg, sebenarnya kantong plastik itu terbuat dr apa sampai mudah diuraikan. *OOT dikiiiit…*

  3. Mbilung berkata:

    jalan kaki iyaaaa, naik sepeda juga iya, kadang malah jalan kaki nuntun sepeda, takut disrempet mobil dan motor.

  4. putirenobaiak berkata:

    hidup jalan kaki! earth day everyday ya yat 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s