tidak etis

Hueksss…! Kalo ga inget2 bahwa: bahkan postingan yang lebih memalukan dan menyakitkan pun ga akan pernah gw hapus dari blog gw, postingan desperado pasti udah ga akan gw pertahankan. Sebel sih sebenernya. Obrolan ini lahir dalam suasana penuh cela2an. Obrolan ini sama sekali bukan gambaran bahwa kami menginginkan ketenaran. Obrolan ini sama sekali bukan keinginan untuk jadi seleb atau apapun namanya. Tapi, mungkin ga salah juga sih kalo ada kesan gitu, soalnya obrolan ini udah gw potong di sana sini sehingga mungkin sangat tidak menggambarkan kondisi ketika obrolan ini terjadi.

Karena kalo emang mau ngetop, udah kami lakukan sejak kapan tahun. Secara gw juga udah ngeblog dari tahun 2003 [perhatian: ini cuma angka, sama sekali bukan sesuatu untuk disombongkan dan tidak layak untuk disombongkan], jadi kalo mo menempuh cara2 TIDAK ETIS, pastilah udah gw lakuin dari dulu. Tapi untungnya buat gw apa? Gw menulis karena gw ingin menulis, bukan untuk menuai banyak komentar. Kalo mau, mungkin aja gw nulis gw selingkuhan roy suryo. Atau hal-hal binal yang jelas bisa menaikkan jumlah pengunjung. Atau apapun. Tapi trus kenapa dan trus buat apa?
Huh, postingan bodoh!

Dulu, ketika dia akhirnya menutup blognya, gw membutuhkan waktu agak lama untuk memahaminya. Gw bukan menyayangkan ketenaran yang sudah mulai diraihnya akan hilang begitu saja. Gw justru menyayangkan betapa beberapa orang akan kehilangan bahan bacaan yang mendatangkan inspirasi karena blognya ditutup.

Namun seiring waktu, ketika di suatu periode, blog gw mulai banyak dikunjungi orang, gw merasakan kerisihan yang sama dengannya. Gw muak dan bosan ketika orang hanya mampir untuk menyatakan “setuju”. Gw mulai merasa terancam ketika makin banyak orang yang datang membaca isi pikiran gw, menawarkan pertemanan, hingga perdebatan dan permusuhan. Gw risih dan pusing dengan suara riuh, gw mulai merasa ga tentram. Lebih penting lagi, gw yang pemalu dan tak banyak bicara ini [halah…] mungkin akan dipaksa untuk bicara banyak dan itu bener2 bikin ga tentram.

Padahal awalnya, buat gw, blog adalah tempat paling nyaman menghindari segala hiruk pikuk. Karena ini berbeda dengan obrolan di ym, misalnya. Ini tulisan. Curahan isi kepala –yang jika kau tak setuju dengan isinya maka kaupun boleh mencurahkan isi kepalamu di tempat lain yang tidak menggangguku karena dunia maya ini luasnya tak terbatas.

22 thoughts on “tidak etis

  1. Juminten berkata:

    hmmm… that’s why aku punya 2 blog (eh, 3 seh sebenarnya).
    2 blog buat dibaca org2, 1 blog lg… khusus utk diri sendiri aja. πŸ˜€
    jd aku pilih2, mana yg bisa di publikasikan dan mana yg ga.

  2. mayssari berkata:

    dan kau pun akan semakin sendirian terbakar amarah…
    karena itulah kamu menuliskannya di sini…
    supaya tidak (lagi) sendirian…

  3. gagahput3ra berkata:

    hmm….*serius mode : on kalo menurut gw Yat…mending post-an kemaren diedit aja dan keluarin semua archivenya…kalo gw sih ya enteng2 aja nerima komentar orang2 ituh…masalahnya gw jg gak pernah niat jd seleb…kan kita emang cuma gila2an doang kemaren…:D

    Dan satu lagi…gw ngeblog jg uda dari 2004 πŸ˜›

  4. gagahput3ra berkata:

    tuh…gw juga uda bikin post klarifikasi di blog gw πŸ˜€

  5. Toga berkata:

    mau niatnya cari popularitas atau justru “hanya” saluran kentut melegakan sesak jiwa, selama blog itu punya sesuatu yang berharga, aku akan selalu datang berkunjung untuk mengambilnya.

    saat berkunjung itu, sy bisa komen saking antusiasnya, bisa juga terdiam saking tertohoknya.

  6. matahari dept store berkata:

    lho..kok saia dibawa-bawa ?

  7. gagahput3ra berkata:

    komen dulu sebelum berangkat….

    kok gw curiga ya ama komen diatas gw πŸ˜›

  8. dewi berkata:

    susahnya menjaga privasi ditengah dunia yang hiruk pikuk ini. tetapi, soala blog, once we click to publish it, it will be owned by public..

  9. venus berkata:

    hahahah….mulai risih juga? ga enak, kan? nah, kapan2 kalo blog gw ga bisa dibuka, atau indeksnya diganti gambar ‘road not found’ kek kemaren, jgn bilang gw menyebalkan lagi ya, Nyah???

  10. yati berkata:

    OMG!

    dengan postingan klarifikasi pun, masih salah nangkep juga? gagaaaaaaaahhhh….tolongin gw dong!
    FYI: di blog gagah juga ada klarifikasi ga penting! tolonglah…

  11. yati berkata:

    @ dewi: jadi inget posting di blogmu jeng…makin diperbaiki makin rusak. hehehe…

  12. puput berkata:

    mbak yati udah coba tumis ubur2nya?

    *bawa piring, ini pesta bukan?*

    hehe

  13. nelayan berkata:

    jah! napa susah2 ambalat sih… (kok, ambalat? ;p)

    tutup ajah fasilitas komennya……. πŸ˜€

    dijamin! gak bakal jadi seleb!!! πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

    ehuehuheuehuheuheuheuheuhue…. :ngacir:

    note:
    (bisik2 krn gaptek) eh, di wordpress bisa disable fasilitas komen kek di blogspot ya, co’? hihihi…..

  14. matahari-mu berkata:

    mendatangkan inspirasi ? duuh..kamu bisa aja menyanjung ;))

  15. anti si sapi berkata:

    udah…pindaah mp..pindah mp

    hihihi

  16. Jessie berkata:

    Sepakat dengan komentar Dewi
    salam kenal.

  17. norie berkata:

    Dunia maya begitu luas. Ku pijakkan kaki ku dimana ia mau.
    Entah Angin hari ini akan membawa ku ke mana.
    Hanya aku yang tentukan kemudi ku.
    Ayo Blog jangan dijadikan beban. relax and smile πŸ™‚

  18. [H]Yudee berkata:

    intinya adalah niat kok !

    buat aku sih, blog cuman semacam alat buat nulis atau sekedar coret-coretan … gak niat mo minta dikomentari pa ga ??

    pdhl awalnya sih, cuman mo nuangin perasaan aja atau nyatet yg perlu aku tulis …

    dah itu tok … itu selain buat ID n portfolio loh yaa πŸ˜€

  19. Mardies berkata:

    Usul Mbak.

    Gimana kalo pratilik SNAPnya dihilangkan. Saya terganggu waktu menyorot link.

    Makasih.

  20. Mardies berkata:

    Eh sori Mbak. Bukan SNAP. Tapi ad.doubleclick.net. Saya mau lihat url di status bar. Tapi gak kelihatan gara2 itu.

  21. Okta Sihotang berkata:

    di filter aja mbak postingannya..klo kira2 nggak pantas, nggak dipost atau sebaliknya.. *benar nggak ya, sambil garut – garut kepala*

  22. Silly Stupid berkata:

    udah mbak… tarik nafas… take it easy… bener kata dewi… once we publish our blog… ya segala resiko harus berani kita terima.

    saya juga ngalamin kok, yang namanya dihujat2 karena apa ayng kita tulis tidak sesuai dengan yang orang mau… tapi khan kita bikin blog bukan buat nyeneng2-in orang khan???… bukan pengen jadi seleb blog khan???… sekedar nyampah2 doang…

    Jadi bener kata mbok venus, kalo kita dah gak merasa nyaman… ya difilter aja tulisan kita yang bikin gak nyaman itu… trus melengganglah kembali didunia maya ini… keluarin semua kreativitasmu tanpa beban… jadi diri sendiri…

    kalo akhirnya tetep jadi seleb… ya gimana dong… bawaan orok itu namanya… hakahkahakhakakh

    Tetap berkarya… tetap menulis… and be positif… (halahhh, sokkkk…. nasehatin kayak yang paling bener ajah… hikhikhikhik… maaf ya mbak… saya disini netral… cuma seneng ajah ngejalang di blog orang… (nyampah2 maksudnya), padahal blog sendiri gak diupdate πŸ™‚ )

    dahhh… saya mo pulang dulu… dah dapet gelas cantik (hadiah hetrixx tadi, hehehe). πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

