dejavu, mencari langit

sepanjang hidupmu sunyi
katamu tak pernah bersambut
pijakmu tertolak tanah kelahiran
dalam senyap kau menengadah mencari langit
hanya ada burung-burung yang mengiringimu menghadap-Nya
menyusul Pramoedya
Selamat jalan Pak Sobron!

Sabtu tengah malam pekan lalu, gw terbangun tengah malem. Tipi di kamar gw masih menyala. Gw ketiduran, mungkin pengaruh obat. Ga sengaja gw liat running news salah satu tipi swasta, mengabarkan Sobron Aidit meninggal dunia di Paris.

Hah? Kok pas gini sih? Sore sebelumnya, ketika baru tiba dari rumah sakit, sebagai pengantar tidur, gw meraih buku Surat Kepada Tuhan 2, yang ditulis almarhum. Gw pernah mengalami kejadian persis kek gini, tahun 2003 lalu. Keluar dari RS, lalu membaca buku yang sama.

Buku itu, ada keperihan di dalamnya. Sunyi yang teramat senyap. Sendirian di perantauan. Menengadah mencari langit seperti kata puisinya. Dan gw membacanya, menyamakan beberapa diantaranya dengan kondisi gw sehabis terkapar sakit sendirian, di daratan yang beda dengan ortu gw meski sama2 dalam satu negeri.

Dan running news itu mengagetkan gw. Saat itu gw bener2 butuh temen ngobrol. Tapi ga ada sapa2. Persis kondisi yang gw alami tahun 2003, persis banget. Gw kesepian. Tapi tidak sampai pada tahap ingin mati seperti yang dialami Simbok di suatu ketika.

Belum, gw belum ingin mati. Masih banyak hal yang ingin gw kerjakan, banyak banget!

Juga, karena belum kutuntaskan kerinduanku padanya yang tak pernah habis.

2 thoughts on “dejavu, mencari langit

  1. venus berkata:

    halah. kerinduan. kerinduan yang tak habis-habis.

    emang dia juga rindu sama elo, co? wakakaka…

  2. meiy berkata:

    nama kamu, tulisan kamu cukup akrab bagiku, sering kubaca namamu di blog simbok venus yg udah jadi seleb itu hehehe…

    salam kenal yati, aku suka tulisan, apalagi puisi2 kamu, hanya saja…aku kdg terlalu sok sibuk untuk ninggalin jejak :))

Tinggalkan Balasan

