Bukan Kawan yang Baik

Bangun pagi, rumah dah sepi. Tri keknya hari ini libur dan ga ada liputan. Mungkin ujian bahasa Prancis di Total. Pak Bas, seperti biasa, pasti lom bangun. Apalagi tar malem minggu, penanggung jawab penuh. Biasanya cuma saya yang bantuin. So, harus nge-save tenaga, masih tidur. Miskan? Oh, cuti dua hari keknya. Saya mo ngapain yak?

Oh God, Miskan wisuda hari ini!!! Waduh, berarti ga ada yang dampingi? Ortunya jauh di Timika, Papua sana. Dia emang pindahan dari sana. Selama kerja jadi layouter, dia juga sambil kuliah. Anak yang baik dan bersemangat. Tapi saya bukan kawan yang baik. Saya ga hadir di wisudanya hanya karena alasan ga bisa datang dengan pakean resmi, alergi.

Saya emang bukan anak yang baik pula untuk urusan wisuda2an. Pas wisuda dulu, saya ga ngasih tau orang2 rumah, jadi tanpa pendamping. Saya berangkat diem2 dari rumah ke kampus, naik angkot. Toga ma jubah (bener ya namanya jubah) dijejalin ke tas selempang butut. Pakean saya, kek mo kuliah hari2 biasa. Jins sobek di bagian dengkul, kaos oblong biru dan sepatu kets (biasanya sandal jepit).

Saat pengukuhan, rektor agak terpana dan mengomentari penampilan ajaib saya yang tanpa bedak, lipstik, apalagi kebaya dan konde serta kain bin ribet itu. “Selamat juga Prof, Anda boleh lega, anak tirinya Prof hari ini keluar satu lagi,” kata saya saat berjabat tangan dengan Pak Rektor, disambut senyum2 ga tau masam ga tau lega.

Jadilah temenku yang fotografer cuma nenteng kamera, menatap saya berlalu dari panggung pengukuhan dan tetep ga percaya saya bisa wisuda hari itu. Sialan, sama skali ga motret, padahal untuk hari ajaib itu, saya mungkin bersedia dipotret.

Heh, kelamaan nostalgianya. Gimana dong wisudanya Miskan? Nyusul ga ya? Ah, udah telat, Lagian saya udah ngomong ma dia ga bisa datang dan dia nyengir doang, sangat paham gimana saya. Eh, tapi keknya dia lulusan terbaik deh, masa ga ada yang tar mendampingi? Pasti menyedihkan. Tapi… 😦 aaah…ga bisa dateng ah, biarin, saya memang bukan kawan yang baik.

Tinggalkan Balasan

