Mitos Cicak

Dari dulu gw ga suka cicak. Sialnya, di rumah yang gw tempati sekarang, banyak cicak :( Katanya, kejatuhan cicak adalah pertanda buruk. Orang yang kejatuhan hewan kecil itu konon akan kehilangan orang terdekatnya. Makanya gw ga suka kalo banyak cicak. Fungsinya sebagai pemakan serangga misalnya nyamuk, ga cukup mempan buat gw. Paling2 juga kalah ma nyamuk kebun yang gede2 dan sadis itu.

Mungkin cuma mitos, tapi gw tetep percaya ma mitos itu. Tadi gw baca berita tentang salah satu keluarga korban karamnya Kapal Levina I mengaku kejatuhan cicak sebelum nonton berita tentang karamnya Levina. Ga lama, ternyata adiknya (atau kakaknya, gw lupa), menjadi salah satu korban. Celaka, berita ini makin membuat gw yakin.

Duluuu banget, ketika membaca berbagai serial catatan harian NH Dini (hei, gw baru tau beliau berdarah Bugis. Konon jika keras kepalanya muncul, ibunya bilang, “Nah, darah Bugisnya muncul” hahaha…gw banget. Halah, keras kepala kok bangga :p), diceritakan juga NH Dini pernah kejatuhan cicak tepat di atas kepalanya sebelum ayahnya meninggal.
Penulis favorit gw, Pramoedya juga pernah mengalami hal itu dan diceritakan di salah satu bukunya (kalo ga salah di kumpulan cerpennya). Pramoedya juga kejatuhan cicak di kepalanya, sebelumnya ayahnya meninggal.

Coba, apa saya ga makin yakin dengan mitos itu? Lalu, Desember lalu, ketika tante gw sakit, gw juga kejatuhan cicak. Dan beberapa hari setelahnya, tante gw meninggal. Ya, mungkin memang cuma mitos. Rezeki, umur, jodoh, semuanya di tangan Allah. Tapi, gw juga yakin, Allah memberikan petunjuk akan rahasianya, yang disebut firasat oleh manusia. Firasat yang dialami beberapa orang, lalu menjadi mitos. Mungkiiiin lho yaaa…

93 thoughts on “Mitos Cicak

  1. crushdew mengatakan:

    kalo mitos digigit ular percaya gak?

  2. kana mengatakan:

    digigit ular katanya mo dapet jodo yah? :D
    percaya gak percaya sih, kalo sama yang namanya mitos. kalo ternyata bener, mungkin memang kebetulan aja kejadiannya berurutan.

    *iya buk, sayah nyoba2 bikin puisi. tapi pengunjungnya blom banyak. well, it’s not only for publicity reasons i made the blog n wrote those poems though… :p

  3. Hery Martono mengatakan:

    Dan gara-gara cicak bisa membuat orang terkenal, gara2 mencipta lagu cicak-cicak di dinding… nggak nyambung nih :)

  4. gessh mengatakan:

    ada lg mitos yg mirip2 sm mitos cicak…kalo mimpi giginya “tanggal” jg katanya ada yg mo meninggal..

  5. venus mengatakan:

    doooh…coba kita ngomong yang jauh dari serem, pasti hidup kita bakalan lebih indah. cicak mulu :(

  6. meiy mengatakan:

    kalo aku suka banget kejatuhan cicak…

    cina cakep maksudnya hehehe…:)

  7. gagahput3ra mengatakan:

    haha baca post ini jadi inget om gw, kejatuhan cicak mandi air tujuh kembang, ngeliat kupu2 mandi tujuh kembang, kayaknya lama2 bakal jualan kembang nih :D

  8. puput mengatakan:

    Iya, cicak kayak karet. menjijikkan.

  9. byru mengatakan:

    hmm.. klo mimpi menggigit ular gimana? ularnya yang dapat jodoh yakz? *tuink*

    soal mitos, katanya kalo bener-bener diyakini dan selalu dikait-kaitkan bakal terjadi beneran..

    kata orang siyh…

  10. soeltra mengatakan:

    cicak cicak di dinding… (teruskan nyanyinya :))
    klo mitos sbnrnya sk ga percaya,yg ada mitosnya biasa sy rasionalisasikan,HAHAHA…
    tapi..klo yg namanya pertanda,gw spakat bgt klo Tuhan ngasih itu buat kita,tgantung kpekaan akal&hati bs nangkep itu gak (lah..cicak apa ditangkep!)
    baca postinganmu jd inget the alchemistnya paulo coelho.

    (ssstt..dikmrku bnyk bgt cicak,yg ada tainya dmn2 (item putih kayak ekonomi uh),hehe..)

  11. gema mengatakan:

    klo gw percaya…….
    soal gw ngalamin sendir’mksd gw bkn di keluarga gw……
    tp pada saat temen gawe gw…kejatuhan cicak…
    gw bilang ke temen gw klo itu pertanda buruk..
    temen gw ga percaya….eh… taunya bsknya bokapnya meninggal…..
    gw jg punya mitos….
    penanggkal dari klo kejatuhan cicak,kita hrs buang air kecil walau kita ga mau pipis……

  12. hendro mengatakan:

    gw sih ga mau percaya,tapi itu kejadian juga ma nyokap gw,,mungkin gw hanya takut untuk percaya kali,soalna gw semalem juga kejatuhan cicak,jadi klo besok2 email gw dah ga aktif mungkin gw dah ga ada kali ya,trus gw mohon tolong deh kasih tau ama semua bunu2in aja tuh cicak(bikin gw noid aja)

  13. koi mengatakan:

    percaya atau tidak itu terserah klian…he…he… yg jelas smuanya sudah ada yg mengatur………

  14. purplenote mengatakan:

    katanya kalo kejatohan ‘pup’nya cicak… mau dapet rejeki.. hehehe…

  15. seven mengatakan:

    kejatuhan cicak yach………
    mungkin cicak na aja yang ga kuat pegangan….
    eniwei, itu cum mitos doang de kaya na…

  16. agung mengatakan:

    sebenarnya tidak percaya, tapi entah kenapa kejadian seperti ini sering sekali terjadi.
    baru 2 hari yang lalu saya bermimpi gigi tanggal, sedangkan ibu saya kejatuhan cicak, dan esoknya, terkirim berita duka dari kerabat…

  17. Nie mengatakan:

    Gw percaya ga percaya sih.. Liat ja bsk2 cz smlm gw br ja ke jatohan cicak mpe 2 ekor lg.. Mg ja krna yg jatoh 2 ekor jd gada kbr buruk yg bkal gw trima… Hehe

  18. OmRudi mengatakan:

    itu hanya gugon tuhon klo menurut orang jawa jaman dulu om sepertinya:)

  19. xgeekmafiax mengatakan:

    Kepercayaan tersebut disebut dengan “thiyarah”, dilarang oleh Islam, Rasululloh shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya: “Siapa yang mengurungkan hajatnya (kepentingannya) karena thiyarah, maka dia telah berbuat syirik”. Para shahabat bertanya: ”Lalu apakah sebagai tebusannya?”. Beliau menjawab:”Supaya dia mengucapkan: “Ya Alloh, Tidak ada keburukan, kecuali telah Engkau tetapkan. Dan tidak ada kebaikan, kecuali telah Engkau tetapkan. Dan tidak ada Tuhan selainMu (yang berhak disembah).” (HR: Imam Ahmad II/220. dishahihkan oleh Al Abani dalam Ahadits Ash Shahihah III/54, no 1065.)

  20. Azz mengatakan:

    Msak c????
    Ngeri jg..
    Waduh,aQ td sempet kejatuhan cicak.
    Cicak emg kecil c,tp akurat bkin aQ ters0ntak kaget+ketakutan kesialan apa yg bkal terjadi.
    iah aQ berharap j,mg2 Allah ngelindungin aQ ma 0rang2 terdekat Q.
    Amin….

  21. novie mengatakan:

    Aq takud………
    Tadi malam dirambutQ kejatoan nak cicak..
    Artikel diatas seriuz bener ga sey..
    jgn wad tambah parno deh..

    Trus yg ketiban sial itu orang yg kejatoan cicakx pa orang terdekatnya???
    mw taon baruan ney..
    Q mau seneng2 ma temen2..
    Q takud tar taon baru bkn senenk2 malah sedih2..
    Ya Allah jauhkan bala…

  22. ahlul mengatakan:

    gni mbak. .

    klo mbak myakini sesuatu dengan kpla batu(sangat meyakini). .
    mka hal itu akan lbih mdah tjadi. .
    itu pun msih atas izin Tuhan. .

    jdi klo mitos tuh nggak usah d percaya. .
    biar mudah2an nggak trjadi kpda dri kitaa. ..
    yah. .

  23. Darojatun mengatakan:

    secara teori itu tidak membuktikan. :P

    berapa persen saudara-saudaranya orang yang meninggal di kapal karam itu ketibanan cicak?
    Kalau ada 50,00000000000001% saja, saya pasti yakin, itu betul-betul pertanda.

    tapi kalau tidak. itu cuma… ah, yang jelas gak akan mungkin. :P Allah swt. juga yang bener

  24. Darojatun mengatakan:

    @byru, @crushdew, @kana @dll. katanya kalo mimpi digigit ular, tu pertanda mau hamil.. lho. kalo cowok yang mimpi gimana? berabe deh :P

  25. Darojatun mengatakan:

    Kalo punya tembak-tembakan air, tembakin cicak yang dilangit2 pada jatuh tuh, dulu sering kek gini, sering kejatuhan cicaknya, tapi nggak ada apapa tuh

  26. SURFER mengatakan:

    Cicak,,,,,,,,,Najis lho,,,,,,,,,,
    awas loe,,kalo ketemu,,gua matiin loe,,,,,,,,,,,,,,
    jijay banget gua liat cicak,,,hiiiiiiiiiiiii

  27. pialovepia mengatakan:

    wahhh mitosnya serem ya… ga mau deh… tapi yg pasti pia juga takut cicakkk,,, menjijikan…

  28. 4ink mengatakan:

    eH kLo kjthan cicakNya d tngaN artix pa,.
    da yg tw,.

  29. rizky mengatakan:

    hmmm…gw sama sekali gak percaya kalo kejatohan cicak itu akan mendatangkan musibah bagi kita dan orang terdekat.

    buktinya, 2 bulan yg lalu gw lagi asik2 ngerokok di teras, eh tiba2 ada cicak yg udah puyeng 7 keliling jatoh ke atas kepala gw….jujur aja gw awalnya gak tau tentang mitos kejatohan cicak…tp pd saat itu gw justru menganggap kalo kejatohan cicak itu artinya malah mau dapet rejeki…sayangnya anggapan gw itu ternyata salah….karena gw gak dapet rejeki apa2

    tp yg perlu gw yakinin ke kalian semua kalo gak ada keluarga atau kerabat gw yg meninggal setelah gw kejatohan cicak….mitos itu gak bener kok, gw buktinya…..

  30. ky_lan mengatakan:

    ciri ciri cicak

  31. Wina mengatakan:

    Gw kmren mimpi gi2q tn9gal tyus hri ni kjtuhan cicak..Aplgi nykap gwe skt,,gim gk khwtir c0ba..Hub gw d0ng ksi saran 085645235178

  32. rey mengatakan:

    aduh…
    kmren aku kejatuhan cicak
    jadi takut ne aku
    moga ja ga terjadi apa” deh

  33. frai mengatakan:

    percaya gk percaya…

    kmarin gw kejatuhan cicak di tangan untung aja gk di kepala, bedanya apa juga ga ngerti ya, jatuhnya pas lagi mau buka pintu rumah, dan besoknya kejadian bom mariot & ritz, mungkin cuma kebetulan tapi firasat gk enak aja setelah kejatuhan itu, mungkin karena pernah denger mitos ini ya, padahal gw orangnya realistis gk terlalu percaya yg kek gini…

    tp semoga aja gk ada kejadian apa lagi..

  34. Widles mengatakan:

    Gue abis kejatuhan cicek nih tp mudah-2an malah dapet nasib baek,amin.

  35. Siti Latifah mengatakan:

    Waduh barusan aja kejatuhan cicak.. Tapi memang kalo kita hbs tu dpt sugesti sial, mungkin bisa jadi bakal sial bneran, sebaliknya kalo kita yakin bahwa itu tidak berarti apa2 maka nggak akan terjadi apapun. Intinya, positif thinking aja. Kalopun ada yg meninggal itu sih sudah suratan takdir gak perlu pake kejatuhan cicak dulu segala semuanya..

  36. w brusan br plg krja..lg msukin mtor k rumah,tiba2 cicak jatoh di celana w..w gk ngrti knapa gk d kpala w..tapi sumpah demi Allah jujur samber gledek tuh cicak emang jatoh’y k celana w..(ngpain jg w prmslhin jtoh’y dmn,yg jlas w kjatuhn cicak..y gk? :p )
    sontak w kget,lgsung tnya mbah GOOGLE mlh tmbh bkin parno.. thinking positively n realistis j..mdh2n bkn prtnda buruk..amiin..

  37. senja mengatakan:

    w uga pernah kejatuhan cicak… kata orang zaman dahulu kala itu pertanda buruk, sial n bla…bla…..
    smpat kepikiran sc… tp takdir kan ditangan tuhan…
    tyus setelah aku telusuri contoh2 kejadian kok bnyak y…
    positif thinking aj dc untung aj w ngk kejatuhan taik sapi
    xixixixixixix…

  38. lovi mengatakan:

    hai guys…duh w ga tau dch moga aja mitos ni ga bener..coz barusan pas w lgi..main fb di home..w kejatohan cicak……pas nya di mana w ga tau tap yg pasti w ngerasa kejatohan sesuatu..pas w liat beneran ad cicak..di dkt kaki w…….bayi cicak..” w geli.n jijik…..” tap w dger jga katanya klo kejatohan cicak..kita ga mo kna sial kta hars matiin th cicak trus sobek mulutnya..akhrnya dgn pnuh keberanian ni tx seumur hdp w sxli2 ny w megang cicak…iiiiiyyyy…abs tu w lgsg cucui tangan…” doa’in w ych guys w n keluarga ga knapa2…YA ALLAH LINDUNGILAH AKU DAN KELUARGAKU DI MANAPUN MEREKA BERADA AMEN…”

  39. jaws mengatakan:

    astagfrllh,.duh,.brsan w kjatuhan cicak,.spontan w jd de2gan,.mslhnya nyokap w gi sakit,.(lahaulla,..)

  40. etin mengatakan:

    w baru kejatuhan cicak, jadi takut w petanda apa y?
    mudah2 tidak terjdi apa2 ma orang terdekat q.

  41. inuk mengatakan:

    wah bahaya banget tuh kalo yang jatoh cicak yang lagi nempeldi dinding. kl kjatuhan tuh cicak bisa koit!!! gmna g mau koit, dindingnya ikutan jatoh jg!! wkwkwkwkwkwkwkwk….

  42. munyukmentel mengatakan:

    Wah sayah baru tau ttg mitos ini. Belakangan ini beberapa kali ada cicak jatuh di depan saya. Itu termasuk kejatuhan cicak jg gak yaaa????

  43. dicky mengatakan:

    hahahahaha

  44. angel mengatakan:

    huhuuuu aku kemarin baru kejatuhan cicak di tangan… terus langsung aku jampe jampe, “Mau dapet rejeki mau dapet rejeki … amin … amin… dapet rejeki dapet rejeki”…

    gak sampe 10 menit… sumpah!!! gak ada hujan gak ada petir, aku ketiban rejeki … tiba tiba seseorang yang tak kuduga tak kusangka … memberitahuku bahwa diriku dapat hadiah … lumayan gede pula hhihiiiiii

    hm… pokoknya kalau kejatuhan cicak takut diganti sama doa aja … doa yang bagus … amiiin

  45. mega mengatakan:

    barusan bgt pas aku mw mandi, taunya ada cicak jatoh k kaki kanan ku .
    sbnr.a klo kjatuhan cicak tuh dpt musibah atau rezeki sih ?
    takutt bgt .

  46. edo rianto putra mengatakan:

    ya smalam gua juga kejatuhan cicak,,alhamdulilah gpp,,mlahan temen gua yg dah lama ngutang,,dateng bayar utangnyaaaaa yippppy,,,,so positiv thingking ajaaaaa

  47. pa'jah deh mengatakan:

    buru2 pake kamar mandi mo pi2s.. Eh pintu nya nda bs ditutup spt terganjal sesuatu.. Bgt di cek.. Astaganaga! Ada cicak kegenjet pintu!! .. Uuugh.. Kasian banget! Duuu…hh mana msh idup lg.. Ga tega liat nya.. Dinding perutnya robek sbgian isi perut keluar! Mo nolongin nda tau cara nya lg.. Mau kasi obat jg gimana.. Mo di bw ke dktr dah larut.. Masa bw ke UGD!? Aaargh.. Akhir nya man bs mindain ke tmp lain yg relatif aman.. Maaf nda sengaja.. Jgn maen di celah2 pintu.. Ntar kejepit.. Uuugh..

  48. Satrio mengatakan:

    Haiah baru aja aku kejatuhan cicak pas banget di “itu” ku (untung pake celana), tapi setelah kejatuhan cicak malah hati yang awalnya gundah mendadak langsung tenang (haiah makin beda lagi). Y udah langsung lanjut be’ol lagi aja

  49. Uwie mengatakan:

    Ngomongin mslh cicak..
    Kmrn ada lihat cicak dikamarku..
    Niatnya mau aku bunuh, biar ga ada kejatuhan cicak pas lg tidur.
    Trs ku ambil semprotan nyamuk..
    Eehh tu cicak malah ngelompat ke arah gw..
    Spontan kaget..
    Si cicak mau ngajak berantem am gw kali ya..
    Ga cuma sekali ini aja..
    Prnh jg gw lakuin utk kodok..
    Yg ada dihalaman belakang..
    Sama, dia lompat ke arah gw..
    Heran yaa…!!! Binatang skrg pada berani2..
    Suka nantangin manusia..

  50. SerLy^^^ mengatakan:

    Q tAkuT, ResAh n gELisaH…
    BaRusaN Q kEjaTuhan ciCak…

    pAs di piNtu rUmaH ….

  51. praya mengatakan:

    mas, om, tante saya mau nanya
    pas buka lemari tmpt makanan terus ada cicak lompat ke badan, terus ngerayap2 gitu di celana n tiba2 ilang
    Artinya apa ya?

  52. DINA MARIANA mengatakan:

    AQ SEH GG PRCYA YG GTHUAN AGH……………….

  53. Andree mengatakan:

    Sialaan..brusan aq kejatohan cicak waktu mau masuk rumah….kejatohan ditangan kiri lagi…doakan semoga aq & kluargaQ ga knp2…amin
    Untung aja kejatohan cicak…coba kalo kejatohan tai kebo,..pasti beda lagi critany..hehehe

  54. uwie mengatakan:

    barusan bgd d punggung gua ada cicak,gua gatao kjatohan apa ga,truz gua loncat2 ,ga sdar klu ccaknya uda jtoh n keinjek ama kaki gua,,artinya apa tuh.

  55. Nurul Xlalutukmu mengatakan:

    positif thinking aja dech..serahin semuanya pada allah SwT

  56. budimakmur mengatakan:

    waduh, gak bagus bak percaya kayak begituan… era modern ini yang kita mengacu pada ilmiah… agama pun menggunakan pendekatan ilmiah…

  57. Cang Chou mengatakan:

    cicak memang punya sejarah dalam islam yang tidak baik, tapi takhayul seperti itu tidak ada dasarnya dalam islam, take it easy..

  58. rimarizal mengatakan:

    hari ini lagi2 gw kejatuhan cicak….gw jg heran kenapa cicak tu hobby bener jatuh di gw….gw jadi sangat benci, jijik, dengan yang namanya cicak….najis…!!!!!

  59. Inha mengatakan:

    Semalam gw jga kejatuhan cicak d.kpla pas keluar pintu kmar .

    , skrg gw gelisa bnget cri tw artix apa .

    Jka gw hrz khlngan bokap gw , waa gw ga bkalan prnh ikhlas .

    ga bsa gw hdup tnpa bokap !

    Smga ini ga akn trjdi , do’ain yaa :)

  60. Inha mengatakan:

    Semalam gw jga kejatuhan cicak d.kpla pas keluar pintu kmar .

    , Jka gw hrz khlngan bokap gw , waa gw ga bkalan prnh ikhlas .

    ga bsa gw hdup tnpa bokap !

    Smga ini ga akn trjdi , do’ain yaa :)

  61. Agung Dwi Prasetyo mengatakan:

    cecak ini, sudah digelari oleh Rasul saw : Fuwaisiqa, yaitu si kecil yg fasiq, maka kita memahami bahwa Rasul saw tak sembarang bicara, beliau tak suka mencaci atau meberi gelar yg buruk pada manusia dan seluruh makhluk Allah swt,

    maka bila beliau saw sampai menggelarinya spt itu maka tentulah hewan ini jahat, dan Rasul saw memerintahkan utk membunuhnya, riwayat awalnya sebagaimana dijelaskan bahwa disaat Ibrahim as dilemparkan ke Api namrud maka semua hewan berusaha memadamkan api ibrahim as itu, kecuali cecak. maka Rasul saw memerintahkan untuk membunuh hewan ini dimanapun kita jumpai. (Tafsir Imam Bn katsir juz 3 hal.185, Tafsir Imam Attabari Juz 17 hal 45)

    dan bahwa Rasul saw memerintahkan untuk membunuh cecak (Shahih Muslim hadits no.2238)

    sabda Rasulullah saw : “Barangsiapa yg membunuh cecak dg satu pukulan maka baginya 100 pahala, dan bila dg dua pukulan maka terus berkurang dan berkurang” (shahih muslim hadits no.2240)

  62. Alfans Jadi Megaloman mengatakan:

    suram lo pda kejatuhan cicak tuh gra2 cicaknya lg onani mknya dia ngk pegangan dngan kuat ke dinding wkwkwkwkwkwk percaya ma mitos tuh sirik hukumnya..

  63. sintha sari mengatakan:

    ibu q tu kejatuhan cicak di kepalanya..pertanda ap ya

  64. Alic mengatakan:

    Aku malem ini ke jatohan cicak :(
    Ceritanya malem ini di kamar aku tidur sambil maen hp tiba” di kakiku berasa ada sesuatu yang jatoh ternyata cicakkk sepontan w teriak terus tu cicak jato ke tantai terus lari
    Aku taku baget ama ati dari mitos” tentang kejatohan cicak
    Aku di suruh basaih rambut kramas ( cmn basahin ud malem )
    Cuci muka , tangan kaki semoga kejatohan cicak ngga ada arti arti hal bertanda buruk yg ngga bagus

  65. Nurali aditya mengatakan:

    Kpla gue kjatuhan anak cicak di dlm kmr pas wktu gua tdr’an ajah_bertanda apa ea
    cicak’a songong.

  66. Cikcik Satrio mengatakan:

    Yang udah dirasa sih klo kejatuhan cicak emang pertanda bakal apes, Klo dikencingi cicak bukan masalah sial ato apa tapi baunya itu!!!
    Digigit ular?? hahahaha iya beneran pernah mimpi begitu, malah sampe disuruh milih mau digigit ular yg mana (ada 3pilihan wkt itu) dan gk berapa lama ane nikah deh sama cw yg kriterianya kaya ular itu :)

    • jarwo haryanto mengatakan:

      Rasulullah shallallahu a’alaihi wassallam menjuluki binatang cicak ini dengan sebutan “FUWAISIQA” artinya si kecil yang fasik, tentu ada hikmah kenapa sampai seorang Rasul yang mulia memberi julukan binatang dg julukan yg kurang baik, terkesan ada warning dari beliau bahwa binatang ini jahat atau kurang baik. walau tetap ada manfaatnya yaitu memakan nyamuk. hi hi hi ^^

      terlepas dari mitos “so’al cicak” diatas,konon ketika al halilullah nabiyullah ibrahim ‘alaihissalam dibakar dalam Kobaran Api yang menyala2 atas perintah Raja namrud, seruan ALLAH TA’ALA pun datang semua binatang dimuka bumi ini membantu untuk memadam kan api yg membakar tubuh nabi ibrahim tsb, dan ternyata ada satu binatang yg tidak ikut membantu, katakanlah ngeYel dengan Perintah TUHAN, Yaitu si cicak ini.

      bahkan kalau boleh menyitir sebuah anjuran lebih tepat nya perintah dari rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam, beliau pernah mengatakan :” barang siapa yg membunuh cecak dg satu pukulan maka baginya 100 pahala, dan bila dg dua pukulan maka terus berkurang dan berkurang” (shahih muslim hadits no. 2240)
      Wallahu a’laam bishowwab

  67. daerabuka mengatakan:

    sereeemm akh :-SS

  68. mita mengatakan:

    dulu gw pernah kejatuhan cicak dikepala,sminggu kemudian nenekku meninggal.barusa kejatihan cicak dtangan.artinya apa yah :'(

  69. Pulau Tidung mengatakan:

    Suara cicak suks di jadikan peruntungan.

  70. Itw Sich DeTol mengatakan:

    Barusan aku kejatuhan cicak Besar pas mau nyimpan piring..
    Positif Thinking aja , gue bakalan dapat rezeki .. Amin :)

    Liat aja besok lah , apa komen gue Kabar baik apa Buruk ..

    #lanjut main PS :D

  71. Dewi Anggraini mengatakan:

    Salam senyum dari saya
    terimakasih banyak atas tulisannya, semoga bermanfaat untuk kita smua yang membacanya, dan menambah pengetahuan kita semua, sekilahnya bisa saling silaturahmi, silahkan kunjung ke blog saya. terimakasih

  72. TANDA SIAL!!?????
    “Dan hanya kepada ALLAH hendaknya kamu bertawakkal, jika kamu benar-benar orang yang beriman.” (QS. Al-Maa’idah: 23)

    MITOS ITU TAK SESUAI DALIL,

    BAHKAN TERGOLONGAN SYIRIK
    Mengaitkan antara jatuhnya cicak dengan musibah, ular menyeberang jalan dengan hambatan atau arah terbang burung dengan nasib sial bukan hanya tidak sah, bahkan tergolong sebagai kesyirikan. Nabi bersabda : “Thiyyarah adalah kesyirikan, thiyyarah adalah kesyirikan, thiyyarah adalah kesyirikan.” (HR Tirmidzi)

    Thiyyarah digolongkan sebagai kesyirikan karena orang yang meyakininya berarti menganggap hewan tertentu dapat mendatangkan manfaat dan madharat dengan isyarat yang diperbuatnya. Padahal, hanya Allah semata Yang mampu memberikan manfaat dan madharat, sementara burung, cicak, ular tidaklah mengetahui perkara gaib yang akan terjadi, bersiul dan diamnya tidaklah menimbulkan manfaat maupun madharat.

    Ibnul Qayyim menjelaskan: “tathayyur atau thiyyarah adalah merasa sial karena melihat sesuatu. Maka jika seseorang menjadikannya sebagai patokan lalu dia mengurungkan kepergian atau membatalkan niat yang telah ia tetapkan karenanya, berarti dia telah mengetuk pintu kesyirikan bahkan ia telah masuk kedalamnya. Dia telah berlepas diri dari tawakal kepada ALLAH dan membuka bagi dirinya pintu ketakutan dan ketergantungan kepada selain ALLAH.”

    INGAT ITU JANGANLAH KAU BERBUAT SYIRIK!

  73. tien mengatakan:

    klo kejatuhan cicaknya di kaki gimana? :D

  74. may mengatakan:

    barusan aku kjatuhan cicak di kaki,,,,, gmna ini??

  75. Anggun mengatakan:

    Tuhan yang mengatur bagaimana kita mendapatkan kejadian dalam hidup kita, bukan menenangkan diri krna gw jga brusan kjtuhan cicak seh,,,!!! tpi lebih tepatnya mengingatkn klo itu cma mitos yg gak wajib kita prcya (y)

  76. indry mengatakan:

    semalam pukul 12 kurang gua kejatuhan cicak…malam2 pas tidor,…smoga gda papa….amin…

  77. yanti mengatakan:

    ooh jadi membunuh cicak itu wajib ya hukumnya….syukur Alhamdulillah itu cicak jelek nyemplung di got.

  78. says70 mengatakan:

    eh…barusan gwe kejatuhan/dikencingi cicak dikepala.
    ..pertanda apa ya.
    ..?

  79. aa mengatakan:

    bener ini, tadi gue di kencingin cikcak sampe dua kali.
    tapi ini setelah orang terdekat saya meninggal waktu pagi

  80. yana mengatakan:

    Bisa percaya bs ngak,inti πƴǟª berdoa ªjª sm Чάπƍ diats,mnt perlindungan,

  81. indra mengatakan:

    Tadi baru aja aku keJatuhan cicak di tangan kiri waktu buka pintu kamar.
    Smoga ini bertanda baik.
    Amin…
    Amin…
    Smoga di jauhin dari segala kesialan.
    Amin…
    Amin…

  82. dewi sri mengatakan:

    Nyokap gue kejatuhan cicak kira2 siapa yang meninggal ya..?

  83. martina mengatakan:

    percaya gak percaya tapi semua kita serahkan pada Allah<,,, aku baru saja kejatuhan cicak tapi aku berdoa agar selamat aku and kluargaku

  84. ace maxs mengatakan:

    aku pernah denger, katnya jika kita melihat cicak maka harus di bunuh cicak itu..
    apa itu benar gan?
    terimakasih ;)

  85. Anggun mengatakan:

    Ibu temen aqu jg prnh d jtuhin cicak,,dan bntran nya lgi nnek nya temen aqu meninggal,,trz keponakan tmen aqu tu nangis sambil nunjuk” ke kmar nnek tmen aqu ya dulu…..,,dan setelah nnek tmen aqu meninggal,,keponakan tmen aqu brhnti nangis nya

  86. Anggun mengatakan:

    ;'( :-D :-)

  87. Lia mengatakan:

    :-* :-P :-/ :-( ;-(

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s